Elektronic commerce atau e-commerce dapat didefinisikan sebagai proses penggunaan internet dan web untuk melakukan transaksi bisnis. E-commerce memungkinkan konsumen untuk secara elektronik bertukar barang dan jasa tanpa hambatan waktu atau jarak. Berikut ini adalah 10 keuntungan menggunakan e-commerce:
1. Melewati batasan
geografis
Jika Anda memiliki toko fisik, Anda dibatasi oleh
wilayah geografis yang dapat Anda layani. Dengan situs web e-commerce, seluruh dunia adalah taman bermain Anda.
Selain itu, munculnya mCommerce, yaitu, e-commerce pada perangkat mobile, telah memutuskan
segala keterbatasan geografis yang tersisa.
2. Mendapatkan
pelanggan baru lewat search engine
Ritel fisik didorong oleh brand dan hubungan. Selain itu, ritel online juga
didorong oleh lalu lintas dari mesin pencari. Bukan hal baru bagi pelanggan
untuk mengikuti link dalam hasil pencarian mesin pencari, dan mendarat di
sebuah situs e-commerce yang mereka belum
pernah dengar sebelumnya.
3. Biaya lebih rendah
Salah satu sisi positif paling nyata dari e-commerce adalah biaya yang lebih rendah. Bagian
dari biaya-biaya lebih rendah ini dapat diteruskan kepada pelanggan dalam
bentuk pemberian diskon.
4. Mencari produk
lebih cepat
Hal ini tidak lagi tentang mendorong keranjang
belanja ke lorong yang benar, atau produk yang diinginkan. Di sebuah situs e-commerce, pelanggan dapat mengklik navigasi intuitif
atau menggunakan kotak pencarian untuk segera mempersempit pencarian produk
mereka. Beberapa situs web mengingat preferensi pelanggan dan daftar belanja
untuk memfasilitasi pembelian berulang.
5. Mengeliminasi
waktu dan biaya perjalanan
Kadang-kadang pelanggan melakukan perjalanan jauh
untuk mencapai toko fisik yang mereka sukai. E-commerce memungkinkan
mereka untuk mengunjungi toko yang sama secara virtual, hanya dengan beberapa
kali klik.
6. Memberikan
perbandingan berbelanja
E-commerce memfasilitasi
perbandingan berbelanja. Ada beberapa layanan online yang memungkinkan
pelanggan untuk menelusuri beberapa pedagang e-commerce dan
menemukan harga terbaik.
7. Transaksi,
tawar-menawar, kupon, dan pembelian secara berkelompok
Meskipun ada setara fisik untuk transaksi, tawar-menawar, kupon, dan
pembelian secara berkelompok, belanja online membuatnya jauh lebih nyaman.
8. Memberikan banyak
informasi
Ada keterbatasan jumlah informasi yang dapat ditampilkan di toko fisik.
Sulit untuk membekali karyawan untuk menanggapi pelanggan yang membutuhkan
informasi di seluruh lini produk.
Situs web e-commerce dapat
membuat informasi tambahan dengan mudah untuk pelanggan. Sebagian besar
informasi ini disediakan oleh vendor, dan tidak ada biaya apapun untuk membuat
atau menjaganya.
9. Memudahkan
komunikasi bisnis
Menggunakan informasi yang diberikan pelanggan
dalam formulir pendaftaran, dan dengan menempatkancookie di
komputer pelanggan, seorang pedagang e-commerce dapat
mengakses banyak informasi mengenai pelanggan. Hal ini, pada gilirannya, dapat
digunakan untuk menyampaikan pesan yang relevan.
10. Buka sepanjang
waktu
Situs web e-commerce dapat
berjalan di semua waktu selama 24 jam sehari – 7 hari sepekan (24/7). Dari
titik pandang pedagang, ini meningkatkan jumlah pesanan yang mereka terima.
Dari titik pandang pelanggan, toko yang “selalu terbuka” jelas lebih nyaman.
Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.