KONSEP DASAR KOMPUTER DAN MASYARAKAT

No Comments

Konsep dasar komputer dan masyarakat  dapat didefinisikan sebagai hubungan antara pengguna (User) dengan suatu alat (Komputer) guna men-capai tujuan, dan selanjutnya akan dapat meningkat-kan efisiensi waktu dan tenaga serta mempermudah dalam melakukan sesuatu pekerjaan, dengan tidak lagi menggunakan cara2 tradisional (manual), akan tetapi dengan menggunakan suatu alat yang sudah di tentukan ketelitiannya dan pertimbangan dengan matang.

Komputer menurut ejaan aslinya “computer” berasal dari kata “to compute” yang artinya menghitung, jadi komputer bila diartikan sacara harafiah adalah “alat hitung”. Menurut para ahli yaitu “John C Keegel” dalam bukunya berjudul ”The Language Of Computer Programming” mengatakan sebagai berikut

“komputer adalah alat electronic yang dapat mengelola data dengan perantara program dan memberikan hasil pengelolaannya.

Komputer dan masyarakat sangat erat hubungannya di berbagai bidang kemasyarakatan dan memiliki peranan yang sangat penting, yaitu :

Dibidang Pendidikan
  • Komputer pada saat ini banyak digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data seperti pengolahan nilai siswa dengan komputer, pembuatan daftar nilai, perhitungan rata-rata kelas atau pun laporan-laporan untuk kepentinag evaluasi pendidikan.
Dibidang Pertahanan Keamanan
  • Para ahli-ahli fisika, elektronika dan komputer telah mengembangkan microprocessor yang berkemampuan besar. Pengolah semacam itu banyak digunakan sebagai bagian pengendali dari produk tenaga lain seperti peluru kendali.
Dibidang Keamanan
  • Ditengah keramaian pesta malam tahun baru di sebuah mall  beberapa waktu laku, kamera CCTV berhasil menangkap wajah yang mencurigai masuk ke dalam DPO polisi atas tuduhan berbagai tindakan criminal. System keamanan mall secara otomatis menghubungi kantor polisi terdekat. Hanya beberapa saat berselang, polisi berhasil membekuk tersangka, dan pesta pun berjalan meriah tanpa ada gangguan.
Dibidang Penerbangan Antariksa
  • Tanpa komputer , perjalanan atau penerbangan ke luar angkasa/antariksa tidak akan mungkin. Dalam hal ini komputer dipakai untuk soal perhubungan atau komunikasi,untuk pengontrolan penerbangan dan juga untuk mempertahankan dan membantu kehidupan para antariksawan/astronot.
Pengolahan Data Cuaca
  • Data cuaca dikumpulkan dari ratusan atau bahkan ribuan stasiun stasiun pemantau di bumidan diangkasa. Data ini disalurkan melalui saluran telekomunikasi internasional ke pusat pengolahan data cuaca. Untuk memembentuk model peraamalan cuaca lokal.
Pada dasarnya komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.
Bidang pekerjaan yang juga mulai terpengaruh seperti terlihat dicontoh berikut ini :
  1. Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor.
  2. Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi
  3. Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan
  4. Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
  5. Pemesanan tiket peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
  6. Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
  7. Penggunaan komputer dalam bidang industri.
Salah satu  yang banyak di geluti,diminati,dan di sukai masyarakat saat ini adalah internet.   Internet adalah sebuah teknologi hasil perkawinan perkembangan teknotogi komputer dengan teknologi informasi
Ada beberapa hal-hal  kehidupan masyarakat yang berubah dari lahirnya internet;

1. Dunia Usaha
Dalam dunia usaha, sudah banyak yang mendapatkan keuntungan lebih dengan memasarkan produknya ke berbagai mancanegara. Hal ini tentu akan menjadi nilai positif untuk dunia usaha.

2.   Semua bisa menjadi sumber informasi
Pada saat ini, setiap orang dapat dengan mudah untuk menjadi sumber ataupun mencari sumber informasi, karena tak terbatasnya jaringan komputer yang terkoneksi dengan komputer lain.

3. Kejahatan baru
Para ahli hukum harus bekerja lebih keras dalam mendeskripsikan suatu kesalahan seseorang karena kejahatan yang dilakukan melalui internet belum dapat didefinisikan, contoh seorang Cracker (Hacker dalam pengertian negatif..red) mengambil data orang lain. Apakah dia dapat dikategorikan penjahat/maling? Padahal kalau maling harus ada saksi dan bukti. Dan masih banyak contoh lain yang sering kita temui

Sumber : https://www.nitrd.gov/pubs/hci-im_research_needs_final.pdf

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.