Pengertian Manajemen
– Manajemen dalam Bahasa Inggrisnya adalah management yang berasal dari
kata “to manage” yang mempunyai arti mengendalikan atau mengurus.
Sehingga manajemen dapat berarti bagaimana kita memimpin, membimbing,
dan mengatur semua orang menjadi karyawan (bawahan) agar usaha yang
sedang dilakukan mencapai suatu tujuan yang telah direncanakan
sebelumnya.
Langsung Saja, Pengertian Manajemen
secara umum yaitu “Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari
rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan
dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai
tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan
sumberdaya lainnya”
Sedangkan Pengertian Manajemen Menurut para Ahli Sebagai Berikut:
1. Menurut Henry Fayol :
Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu, merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.
2. Menurut Chaster I Bernard :
Manajemen yaitu seni dan ilmu,
3. Menurut Federick Winslow Taylor :
Manajemen adalah Suatu percobaan yang
sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang timbul dalam
pimpinan perusahaan (dan organisasi lain)atau setiap system kerjasama
manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan
alat-alat perumusan.
4. Lyndak F. Urwick :
Manajemen adalah Forecasting
(meramalkan), Planning Orga-nizing (perencanaan Pengorganisiran),
Commanding (memerintahklan), Coordinating (pengkoordinasian) dan
Controlling (pengontrolan).
5. Menurut Prof. Eiji Ogawa :
Manajemen adalah Perencanaan,
Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk system
pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih
dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat
disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.
6. Menurut Dr. Ahuja :
Manajemen adalah pihak yang menawarkan jasa untuk segi bidang yang berhubungan dengan bidang manajemen.
7. Menurut Renville Siagian :
Manajemen adalah suatu bidang usaha yang
bergarak dalam bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh para tenaga ahli
tyerlatih serta berpengalaman.
8. Menurut Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A :
Manajemen adalah suatu ilmu perilaku
yang mencakup aspek sosial eksak tidak dari tanggungjawab keselamatan
dan kesehatan kerja baik dari segi perencanaan.
9. Menurut William H. Newman :
Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.
10. Menurut Drs. Oey :
Manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan.
11. Daft (2003:4) sebagai berikut:
“Management is the attainment of organizational goals in an effective and efficient manner through planning organizing leading and controlling organizational resources”.
Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan
pencapaian tujuan organisasi dgn cara yg efektif dan efisien lewat
perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengawasan sumberdaya
organisasi.
12. Plunket dkk.(2005:5) mendefinisikan manajemen sebagai :
“One or more managers individually and
collectively setting and achieving goals by exercising related functions
(planning organizing staffing leading and controlling) and coordinating
various resources (information materials money and people)”. Pendapat
tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan satu atau
lbh manajer yg secara individu maupun bersama-sama menyusun dan mencapai
tujuan organisasi dgn melakukan fungsi-fungsi terkait (perencanaan
pengorgnisasian penyusunan staf pengarahan dan pengawasan) dan
mengkoordinasi berbagai sumber daya (informasi material uang dan orang).
13. Lewis dkk.(2004:5) mendefinisikan manajemen sebagai:
“the process of administering and
coordinating resources effectively and efficiently in an effort to
achieve the goals of the organization.” Pendapat tersebut kurang lbh
mempunyai arti bahwa manajemen merupakan proses mengelola dan
mengkoordinasi sumber daya-sumber daya secara efektif dan efisien
sebagai usaha utk mencapai tujuan organisasi.
14. Menurut Drs. M. Manullang (2001:3) :
Istilah manajemen mengandung 3 (tiga) pengertian, sbb.:
- Manajemen sebagai suatu proses
- Manajemen sebagai suatu kolektivitas orang-orang yang melaksanakan manajemen
- Manajemen sebagai suatu seni (art) dan sebagai suatu iilmu
15. Menurut Dr. SP. SIAGIAN dalam buku :
“FILSAFAT ADMINISTRASI” MANAGEMENT DAPAT
DIDEFINISIKAN SEBAGAI “KEMAMPUAN ATAU KETERAMPILAN UNTUK MEMPEROLEH
SUATU HASIL DALAM RANGKA PENCAPAIAN TUJUAN MELALUI ORANG LAIN”. DENGAN
DEMIKIAN DAPAT PULA DIKATAKAN BAHWA MANAGEMENT MERUPAKAN INTI DARIPADA
ADMINISTRASI KARENA MEMANG MANAGEMENT MERUPAKAN ALAT PELAKSANA UTAMA
DARIPADA ADMINSITRASI”
16. Menurut Prof. Dr. H. ARIFIN ABDULRACHMAN dalam buku
“KERANGKA POKOK-POKOK MANAGEMENT” DAPAT
DIARTIKAN : a. KEGIATAN-KEGIATAN/AKTIVITAS-AKTIVITAS; b. PROSES, YAKNI
KEGIATAN DALAM RENTETAN URUTAN- URUTAN; c. INSITUT/ ORANG – ORANG YANG MELAKUKAN KEGIATAN ATAU PROSES KEGIATAN.
17. Menurut ORDWAY TEAD yang disadur oleh DRS. HE. ROSYIDI dalam buku
“ORGANISASI DAN MANAGEMENT“, definisi
Manajemen adalah “PROSES DAN KEGIATAN PELAKSANAAN USAHA MEMIMPIN DAN
MENUNJUKAN ARAH PENYELENGGARAAN TUGAS SUATU ORGANISASI DI DALAM
MEWUJUDKAN TUJUAN YANG TELAH DITETAPKAN “.
18. Hilman mengatakan bahwa : manajemen
adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan
mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama. Menurut pengertian yang kedua,
manajemen adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas
manajemen. Jadi dengan kata lain, segenap orang-orang yang melakukan
aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu disebut manajemen. Menurut pengertian yang ketiga,
manajemen adalah seni (Art) atau suatu ilmu pnegetahuan. Mengenai
inipun sesungguhnya belum ada keseragaman pendapat, segolongan
mengatakan bahwa manajemen adalah seni dan segolongan yang lain
mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu. Sesungguhnya kedua pendapat itu
sama mengandung kebenarannya.
19. Menurut Horold Koontz dan Cyril O’donnel :
Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
20. Menurut R. Terry :
Manajemen merupakan suatu proses khas
yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta
mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya
manusia dan sumberdaya lainnya.
21. Menurut Lawrence A. Appley :
Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
22. Menurut Drs. Oey Liang Lee :
Manajemen adalah seni dan ilmu
perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan
daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
23. Menurut James A.F. Stoner :
Manajemen adalah suatu proses
perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari
anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada
organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan
sebelumnya.
24. Menurut Mary Parker Follet :
Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.
25. Menurut Hilman :
Manajemen adalah fungsi untuk mencapai
sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu
untuk mencapai tujuan yang sama.
26. Menurut Encylopedia of the Social Sience :
Manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
27. Menurut G.R. Terry :
Manajemen adalah suatu proses atau
kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok
orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksudmaksud yang
nyata.
28. Menurut Ricky W. Griffin :
Manajemen sebagai sebuah proses
perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber
daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif
berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara
efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar,
terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Dari beberapa defini tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen dapat sebagai:
- ilmu dan seni
- proses
- profesi
Manajemen sebagai ilmu dan seni
Manajemen sebagai ilmu karena manajemen
telah dipelajarai lama dan telah dikaji, diorganisasikan menjadi suatu
rangkaian teori. Manajemen memerlukan disiplin-disiplin ilmu pengetahuan
lain dalam penerapannya untuk mencapai tujuan, misal disiplin ilmu
ekonomi, akutansi, statistik dan lain-lain. Manajemen dalam upaya
mencapai tujuannya berdasarkan kaidah ilmiah dan sistematis.
Manajemen sebagai ilmu .mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
- Prinsip dan konsep manajemen dapat dipelajari
- Decion making dapat didekati dengan kaidah-kaidah ilmiah
- Obyek dan sarana manajemen untuk mencapai tujuan sebagian adalah elemen yang bersifat materi
- Dalam penerapannya manajemen memerlukan pendekatan dari bidang ilmu lainnya.
Manajemen sebagai seni
diartikan bahwa manajer dalam mencapai tujuan banyak dipengaruhi oleh
ketrampilan-ketrampilan pribadi, bakat dan karakternya. Dan semua ini
merupakan seni tersendiri. Manajemen sebagai seni mempunyai ciri-ciri
sebagai berikut :
- pencapain tujuan sangat dipengaruhi dan didukung oleh sifat-sifat dan bakat para menejer
- Dalam . proses pencapaian tujuan sering kali melibatkan unsur naluri, perasaan dan intelektua.l
- Dalam pelaksanaan kegiatan, faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilannya adalah kekuatan pribadi dan kreativitas.
Manajemn sebagai proses
Manajemen sebagai proses karena dalam
mencapai tujuan menggunakan serangkaian kegiatan yang tidak dapat
dipisahkan satu dengan yang lainnya. Serangkaian kegiatan tersebut
dimulai dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan
mengawasi atau mengendalikan. Manajemen sebagai proses lebih diarahkan
pada proses mengelola dan mengatur pelaksanaan suatu pekerjaan, atau
serangkain aktivitas dalam rangka mencapai tujuan. Proses manajenen
dalam pencapaian tujuan ini juga menggunakan bantuan orang lain yang
bekerja sama.
Manajemen sebagai profesi
Manajemen sebagai profesi penekannya
pada kegiatan yang dilakukan sekelompok orang dengan menggunakan
keahlian-keahlian tertentu. Keahlian-keahlian tersebut diperoleh karena
telah memenuhi syarat atau standart tertentu dan diakui oleh
masyarakat. Dengan keahlian tersebut seseorang dapat memperoleh suatu
status. Sekelompok orang yang bekerja dalam organisasi dengan
menggunakan keahlian tertentu dapat dikelompokan dalam organisasi
profesional.
Ciri-ciri sesuatu sebagai profesi sebagai berikut :
- Para profesional membuat keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum
- Para profesional mendapatkan status mereka karena mencapai standar prestasi kerja tertentu, bukan karena favorit, politik, agama. atau sosial
- Para profesionalisme harus ditentukan oleh suatu kode etik yang kuat dan disiplin bagi mereka yang menyandang profesi.
Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.