Mengenal Adobe Photoshop CS3

No Comments

Mengenal Adobe Photoshop CS3- Adobe Photoshop adalah salah satu software untuk mengolah foto atau gambar berbasis bitmap yang populer saat ini. Dengan Photoshop, Anda dapat memperbaiki dan memperindah foto yang ingin dicetak dengan menambah beberapa efek pada foto tersebut. Dengan demikian, tampilan foto menjadi berbeda dan menarik.
Tampilan pembuka ketika Photoshop dijalankan
Gambar 3.1 Tampilan pembuka ketika Photoshop dijalankan
Walaupun terdapat berbagai macam program yang dapat digunakan untuk mewarnai ilustrasi Anda, Photoshop dengan segala kelebihan dan kekurangannya dapat dimaksimalkan untuk menghasilkan ilustrasi berwarna yang indah. Anda dapat menghasilkan ilustrasi dengan teknik berbeda dengan teman Anda walaupun tool yang digunakan sama. Anda juga dapat mengerjakan ilustrasi berwarna secara manual untuk kemudian diedit lebih lanjut dengan Photoshop. Berikut ini beberapa perubahan baru yang terdapat dalam Adobe Photoshop CS3 yang berbeda dengan versi sebelumnya.
1. Tampilan baru pada jendela dan lembar kerja yang menawan, mempermudah Anda untuk mengatur tampilan kerja agar lebih nyaman.
2. Tampilan panel Tool yang fleksibel dapat ditampilkan menjadi satu kolom atau dua kolom.
3. Tombol Quick Mask tampil sebagai tombol single menyerupai tombol On/Off untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi Quick Mask.
4. Panel ditampilkan dalam sebuah dock yang secara fleksibel dapat diubah sesuai dengan ukuran yang diinginkan sehingga Anda akan lebih leluasa memaksimalkan tampilan lembar kerja.
5. Mode Full Screen baru yang diberi nama Maximize Screen Mode, berfungsi memaksimalkan ukuran jendela gambar semaksimal mungkin menyesuaikan dengan layer.
1. Mengenal Tampilan Lembar Kerja Adobe Photoshop CS3
Untuk memulai Adobe Photoshop CS3, klik tombol Start All Programs → Adobe Photoshop CS3. Pada layar akan ditampilkan ruang kerja Adobe Photoshop CS3.
a. Ruang Kerja
Merupakan area kerja atau tampilan kerja dari file atau gambar yang sedang dikerjakan.
Tampilan ruang kerja pada Adobe Photoshop CS3
Gambar 3.2 Tampilan ruang kerja pada Adobe Photoshop CS3
b. Titlebar Adobe Photoshop CS3
Merupakan batang judul jendela yang berfungsi untuk menampilkan judul atau nama program yang sedang aktif.
c. Menubar Adobe Photoshop CS3
Merupakan baris menu yang berisi perintah dan fasilitas default yang disediakan oleh sebuah program. Ada 9 menu utama yang terdapat pada Adobe Photoshop, yaitu File, Edit, Image, Layer, Select, Filter, View, Window, dan Help.
d. Optionbar Adobe Photoshop CS3
Merupakan bagian yang berisi sekumpulan tombol atau pilihan yang berhubungan dengan suatu Tool tertentu. Tombol pilihan yang ditampilkan di dalam Optionbar akan menyesuaikan dengan tombol atau peranti yang terpilih di dalam panel Tools.
Bagian-bagian yang terdapat pada titlebar, menubar, dan optionbar
Gambar 3.3 Bagian-bagian yang terdapat pada titlebar, menubar, dan optionbar
e. Dock Panel Adobe Photoshop CS3
Dalam Photoshop, Dock Panel digunakan untuk mengontrol sifat dan cara kerja dari tombol-tombol yang ada pada panel Tools. Selain itu, untuk serta mendukung proses kerja yang terjadi pada gambar atau foto yang sedang dikerjakan. Pilihan pada menu Window menunjukkan jenis-jenis panel yang ada. Jika Anda memilih salah satu panel melalui menu Window tersebut, maka panel yang Anda pilih akan ditampilkan sebagai tampilan jendela yang melayang (Floating Window) dalam ruang kerja.
Dock Panel terdiri atas beberapa bagian berikut.
• Panel Navigator untuk mengatur besar tampilan gambar.
• Panel Color untuk mengatur pemberian warna.
• Panel Layer untuk mengatur layer yang ada di ruang kerja.
f. Panel Tool Adobe Photoshop CS3
Panel tool merupakan sebuah bagian yang berisi berbagai peranti yang dapat digunakan untuk memanipulasi dan menyunting sebuah gambar atau foto. Berikut adalah beberapa panel yang sering digunakan dalam pengeditan gambar.
ikon yang terdapat pada panel tool
Gambar 3.4 Ikon-ikon yang terdapat pada panel tool Penjelasan tiap ikon dan fungsinya dapat Anda pelajari pada Tabel 3.1, Tabel 3.2, Tabel 3.3, dan Tabel 3.4.
Tabel 3.1 Peranti untuk Membentuk Seleksi
Ikon Nama Ikon Fungsi
Rectangular Marquee Rectangular Marquee Untuk membuat seleksi yang berbentuk segi empat.
Elliptical Marquee Elliptical Marquee • Untuk membuat seleksi berbentuk elips.• Peranti ini juga digunakan untuk membuat seleksi dengan bentuk lingkaran, yaitu dengan menekan tombol Shift sambil melakukan proses drag pada mouse.
Single Row Marquee Single Row Marquee Untuk membuat seleksi horizontal setinggi satu pixel.
Single Column Marquee Single Column Marquee Untuk membuat seleksi vertikal selebar satu pixel.
Crop Crop Untuk mengambil area pada citra atau tampilan yang diinginkan. Perhatikan bahwa peranti ini mempengaruhi semua layer yang ada, baik yang aktif maupun tidak.
Lasso Lasso • Untuk membuat seleksi dengan menggambar pola bebas (freehand).• Pada saat mouse dilepas, titik awal dan titik akhir akan terhubung.• Anda dapat mengaktifkan kotak periksa Anti Aliased pada Optionsbar untuk menghaluskan seleksi.
Polygonal Lasso
Polygonal Lasso
• Untuk menjalankan fasilitas Lasso Tool, gunakan proses drag and drop. • Untuk membuat seleksi berbentuk polygon
Magnetic Lasso Magnetic Lasso • Untuk membuat seleksi yang melekat pada perbatasan dari pixel yang dipilih.• Untuk menggunakan Magnetic Lasso, Anda dapat melakukan proses klik di satu titik. Kemudian, gerakkan mouse pada bidang yang diinginkan (bidang seleksi akan mengikuti arah gerak mouse). Proses seleksi akan terhenti jika titik awal dan akhir saling bertemu dan Anda harus klik sekali pada pertemuan dua titik tersebut.
Magic Wand Magic Wand Untuk membuat seleksi atas pixel –pixel yang ada di dalam kawasan warna tertentu. Toleransi dapat ditetapkan melalui Optionsbar.
Quick Selection Quick Selection • Fasilitas seleksi terbaru dari Adobe Photoshop CS3.• Anda dapat menyeleksi dengan cepat, caranya dengan menggeser pointer mouse ke area gambar yang ingin diseleksi. Secara otomatis, peranti ini akan mencari dan menambah sisi seleksi dari bidang gambar.
Tabel 3.2 Peranti untuk Menggambar
Ikon Nama Ikon Fungsi
Brush Tool Airbrush Brush Tool Airbrush • Digunakan untuk membuat goresan warna dengan kuas. Tepi goresannya akan halus.• Warna yang digunakan adalah warna foreground. Cara untuk memilih warna adalah klik tombol mouse, arahkan pointer-nya ke dalam panel Swatches. Kemudian, klik salah satu warna yang diinginkan.• Untuk mengubah bentuk polesan kuas Brush Tool, Anda dapat menentukannya melalui pilihan brush di Optionbar.• Anda dapat mengubah fungsi tombol brush menjadi Airbrush dengan mengaktifkan tombol Airbrush di Optionbar.
Pencil Tool
Pencil Tool
Pencil Tool digunakan untuk membuat goresan secara bebas. Pinggir goresan tidak sehalus Brush Tool. Warna yang digunakan adalah warna foreground.• Untuk menentukan warna pencil, sama seperti saat Anda menentukan warna untuk brush.• Anda dapat mengubah bentuk polesan pencil dengan menggunakan pilihan Brush di Optionbar
Color Replacement
Color Replacement
Digunakan untuk mengganti pixel warna pada bidang datar.
Gradient Tool Open Gradient Picker
Gradient Tool Open Gradient Picker
Digunakan untuk memberi warna gradasi sebuah objek.• Untuk menentukan bentuk arah arsiran dari Gradient Tool, Anda dapat memilih beberapa tombol gradasi yang ada di Optionbar.• Gunakan tombol Open Gradien Picker pada Optionbar untuk mengatur bentuk gradasi berikut warnanya.
Paint Bucket Tool Fill Tool  Pattern Paint Bucket Tool Fill ToolPattern • Digunakan untuk memberi warna pada blok area tertentu.• Untuk prosesnya, setelah Anda pilih tombol tersebut, klik mouse di area yang ingin diberi warna. Anda dapat menentukan jenis warna yang diinginkan, apakah Foreground atau pattern di Optionbar.
Line Tool Line Tool Line digunakan untuk • membuat garis. Peranti ini juga dapat digunakan untuk membuat garis dengan mata panah pada ujungnya.• Gunakan Anti-Aliased pada Options Panel untuk membuat garis yang halus.
Eraser Tool Background Eraser Magic Eraser Eraser Tool Background Eraser Magic Eraser • Eraser digunakan untuk menghapus area pada layer.• Anda dapat memilih salah satu dari jenis penghapus Pencil, Block, Airbrush, atau Paintbrush melalui Optionsbar.
Tabel 3.3 Peranti untuk Membuat Teks
Ikon Nama Ikon Fungsi
Type Tool Type Tool Digunakan untuk membuat teks,
Horizontal Type Mask Tool Horizontal Type Mask Tool Anda juga dapat membuat teks dengan pilihan Text Layer atau Mask or Selection sekaligus
Vertical Type Tool Vertical Type Tool Anda dapat memilih bentuk penulisan teks, apakah secara horizontal atau vertikal.
Vertical Type Mask Tool Vertical Type Mask Tool
Tabel 3.4 Peranti Lainnya
Ikon Nama Ikon Fungsi
Move Tool Move Tool Digunakan untuk memindahkan seleksi atau layer yang aktif.
Eyedropper Tool Eyedropper Tool Digunakan untuk memilih warna foreground dari warna yang ada di lembar kerja atau dari Swatches Panel.
Zoom Tool Zoom Tool Digunakan untuk memperbesar tampilan lembar kerja. Adapun untuk memperkecil tampilan zoom Tool, Anda dapat mengimbangi dengan menekan tombol Alt.
Share This Post To :

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.