Reaksi Substitusi Benzena

No Comments

Reaksi Substitusi Benzena- Reaksi benzena umumnya melalui reaksi substitusi, walaupun ada sebagian reaksi yang melalui reaksi adisi. Macam-macam substitusi benzena di antaranya halogenasi benzena, nitrasi benzena, dan reaksi riedel-crafts.
a. Halogenasi Benzena
Reaksi substitusi benzena
Gambar 7.3 Reaksi substitusi benzena oleh bromin menghasilkan bromobenzena.
Dengan adanya katalis besi(III) klorida atau aluminium klorida, benzena dapat bereaksi dengan klorin ataupun bromin membentuk senyawa halobenzena pada suhu kamar. Persamaan reaksinya:
halobenzena
Benzena dapat juga bereaksi dengan klorin atau bromin tanpa bantuan katalis jika ada cahaya ultraviolet (cahaya matahari dapat juga diterapkan). Reaksi yang terjadi adalah pembentukan radikal bebas dari halogen.
benzena menjadi halogen
Reaksi ini melibatkan reaksi adisi dan substitusi atom klorin pada cincin benzena membentuk beberapa senyawa klorobenzena.
b. Nitrasi Benzena. Campuran asam nitrat pekat dan asam sulfat pekat dengan volume sama dikenal sebagai campuran nitrasi. Jika campuran ini ditambahkan ke dalam benzena, akan terjadi reaksi eksotermal. Jika suhu dikendalikan pada 55°C maka hasil reaksi utama adalah nitrobenzena, suatu cairan berwarna kuning pucat (Gambar 7.4). Reaksinya secara umum:
Nitrasi Benzena
Fungsi asam sulfat dalam reaksi di atas adalah untuk menghasilkan kation nitril, NO2+ dari asam nitrat. Persamaan reaksinya:
2H2SO4 + HNO3 ⇆ 2HSO4 + H3O+ + NO2+
Kation nitril selanjutnya bereaksi dengan benzena membentuk nitrobenzena:
nitrobenzena
Jika campuran nitrasi dan benzena dipanaskan pada suhu di atas 60°C selama lebih kurang satu jam maka gugus nitro yang kedua akan menukargantikan atom H pada cincin benzena. Setelah campuran reaksi dituangkan ke dalam air akan terbentuk kristal kuning pucat dari di–atau tri–nitrobenzena.
c. Reaksi Friedel-Crafts
Proses nitrasi benzena
Gambar 7.4 Proses nitrasi benzena
Penambahan katalis AlCl3 anhidrat dalam reaksi benzena dan haloalkana atau asam klorida akan terjadi reaksi sangat eksotermis. Jenis reaksi ini dinamakan reaksi Friedel-crafts. Persamaan reaksi umum:
reaksi Friedel-crafts
Contoh:
1) Reaksi benzena dan haloalkana dengan bantuan katalis AlCl3 anhidrat akan terbentuk alkilbenzena disertai pelepasan kalor.
alkilbenzena
Metilbenzena
Gambar 7.5 Metilbenzena hasil reaksi Friedelcrafts dioksidasi dengan KMnO4 terbentuk K-benzoat.
Setelah dilarutkan dalam HCl akan terbentuk asam benzoat.
asam benzoat
2) Asilasi benzena dengan adanya katalis AlCl3 anhidrat akan membentuk asetofenon
asetofenon
3) Penambahan etena ke dalam benzena dengan adanya katalis AlCl3anhidrat pada 250°C dan 40 atm membentuk etilbenzena.
etilbenzena
Senyawa Aromatik
Struktur dan Sifat Benzena
Reaksi Substitusi Benzena
Kegunaan Senyawa Benzena
Senyawa Polisiklik Aromatik
Senyawa Heterosiklik Aromatik

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.