Dasar-dasar Analisis Multivariat (Multivariate Analysis)

No Comments



Analisis multivariat merupakan salah satu teknik statistik yang digunakan untuk memahami struktur data dalam dimensi tinggi. Disebut dimensi tinggi karena melibatkan lebih dari satu variabel. Variabel-variabel itu saling terkait (berkorelasi) satu sama lain. Disinilah letak perbedaan antara multivariabel dan multivariat. Multivariat pasti melibatkan multivariabel tetapi tidak sebaliknya. Multivariabel yang saling berkorelasilah yang dikatakan multivariat.
Sebuah unit penelitian dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Dalam penelitian mengenai kesejahteraan rakyat misalnya, kita dapat mengambil sejumlah rumah tangga sebagai unit penelitian. Sebuah rumah tangga bisa diukur pendapatannya, pengeluarannya, konsumsi protein, jumlah anggota rumah tangga dan lain-lain. Ada banyak dimensi yang bisa kita gali dari sebuah rumah tangga.
Misalkan sebuah kumpulan unit penelitian dinyatakan oleh sebuah himpunan . Kita memiliki n observasi yang diukur dalam p dimensi. Setiap observasi memiliki p dimensi dinyatakan dengan
,
merupakan elemen dari vektor variabel . Sehingga X terdiri dari variabel random
.
Kita mungkin saja tetarik untuk mengetahui:
  • Apakah ada komponen X yang lebih menyebar daripada yang lain?
  • Apakah ada beberepa komponen yang membentuk suatu  kelompok baru?
  • Apakah ada nilai-nilai ektsrem dalam sebuah komponen?
  • Bagaimana distribusi datanya?
  • Apakah mungkin dilakukan pengurangan dimensi sehingga memungkinkan memandang dimensi yang lebih kecil?
Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan diatas memunculkan berbagai teknik analisis multivariat seperti analisis komponen utama, kluster, diskriminan dan lain-lain.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.