Prediksi Soal UN SMA IPS-Sosiologi no 1-5

No Comments

Prediksi Soal no. 1 Bagan mobilitas sosial
dunia soal
Bagan di atas merupakan bentuk mobilitas sosial dalam keluarga, yaitu ….
A. intragenerasi naik
B. intragenerasi turun
C. antargenerasi naik
D. antargenerasi turun
E. mobilitas campuran
Prediksi Soal no. 2 Seorang anak dari keluarga biasa berhasil menjuarai kompetisi di bidang iptek. Kemudian ia mendapat beasiswa untuk studi ke luar negeri. Setelah lulus, ia bekerja sebagai direktur di perusahaan multinasional ternama. Dari contoh tersebut, yang menjadi saluran utama dalam mobilitas sosial adalah ….
A. lembaga pendidikan dan ekonomi
B. organisasi ekonomi dan pertahanan
C. lembaga pertahanan dan keagamaan
D. lembaga keagamaan dan kekuasaan
E. organisasi politik dan ekonomi
Prediksi Soal no. 3 Masyarakat multikultural berdasarkan suku bangsa di Indonesia dengan adanya tingkat solidaritas yang tinggi antarindividu dalam kelompok genealogis. Hal itu disebabkan adanya keyakinan tentang kesamaan ….
A. bahasa dan budaya
B. ciri-ciri fisik
C. asal usul daerah
D. nenek moyang
E. mata pencaharian
Prediksi Soal no. 4 Gejala hubungan sosial dalam masyarakat:
(1) Hubungan antaranggota bersifat formal
(2) Memiliki orientasi ekonomi dan tidak kekal
(3) Terdapat ikatan batin yang kuat antar nggota
(4) Hubungan antar anggota bersifat informal
Dan gejala sosial tersebut yang merupakan ciri kelompok sosial patembayan adalah
A. (1) dan (2) D. (2) dan (4)
B. (1) dan (3) E. (3) dan (4)
C. (2) dan (3)
Prediksi Soal no. 5  Dua orang kakak beradik dalam pergaulan sehari-hari mereka terikat oleh tata sopan santun yang berlaku. Tetapi ketika mengikuti perlombaan lari cepat, mereka harus mengikuti aturan yang berlaku dalam perlombaan, dan menanggalkan segala etika yang berlaku dalam ikatan persaudaraan. Contoh kasus tersebut merupakan interaksi sosial dalam bentuk ….
A. kompetisi            D. kontravensi
B. kontradiksi         E. kompensasi
C. konfrontasi
Pembahasan UN SMA IPS-Sosiologi no 1-5
Pembahasan Soal no. 1  Mobilitas sosial (social mobility) diartikan sebagai suatu gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya atau gerak pindah dari strata satu ke strata yang lain. Mobilitas sosial yang terjadi di antara dua generasi atau lebih dinamakan mobilitas sosial antargenerasi. Mobilitas ini ditandai dengan perubahan taraf hidup atau ekonomi. Penekanannya pada perpindahan status sosial dari generasi satu ke generasi lainnya.
Pada soal tersebut terlihat perubahan status yang terjadi antara kakek, ayah, dan anak yang merupakan antargenerasi dalam sebuah hubungan keluarga (generasi satu ke generasi dua dan selanjutnya). Kemudian dari status yang dimiliki kakek, ayah, dan anak terjadi peningkatan status yakni penjaga sekolah (kakek), guru (ayah), dan camat (anak). Sehingga dikatakan mengalami kenaikan. Artinya mobilitas sosial dalam bagan tersebut terjadi secara antargenerasi naik. Jawaban: C
Pembahasan Soal no. 2 Saluran mobilitas sosial merupakan sarana atau alat yang diperlukan seseorang untuk dapat mencapai atau memperoleh status sosial tertentu.
Dalam soal disebutkan ketika anak mendapat kejuaraan di bidang iptek sehingga membuatnya mendapat beasiswa studi ke luar negeri, maka dalam hal ini pendidikan menjadi saluran mobilitas sosial anak tersebut. Kemudian setelah ia menjabat sebagai direktur di perusahaan multinasional maka dalam hal ini saluran ekonomi menjadi saluran terhadap perubahan status sosialnya. Jawaban: A
Pembahasan Soal no. 3 Multikulturalisme memang menuntut masyarakat untuk hidup saling toleransi, saling pengertian dan saling menghargai. Realitas sosial dan budaya di Indonesia menghasilkan karakter-karakter masyarakat yang berbeda. Namun yang perlu kita ingat bahwasanya dari berbagai perbedaan tersebut masyarakat Indonesia memiliki ikatan yang kuat sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, karena meyakini adanya kesamaan nenek moyang. Keanekaragaman masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh faktor keadaan geografis Indonesia dan pengaruh kebudayaan asing. Jawaban: D
Pembahasan Soal no. 4 Gesellschaft atau Patembayan merupakan ikatan lahir yang bersifat pokok untuk waktu yang pendek, strukturnya bersifat mekanis. Geselschaft atau Patembayan oleh Ferdinand Tonnies memiliki karakteristik terjadi dalam hubungan impersonal, bersifat formal, jangka waktunya pada umumnya adalah bersifat kontraktual atau tidak tetap, terbentuk berdasarkan atas nilai guna tertentu melalui kesadaran secara realitas individu, dan lebih bersifat khusus.
Dapat terjadi misalnya pada kelompok pedagang atau organisasi dalam suatu pabrik. Jawaban: A
Pembahasan Soal no. 5 Kompetisi merupakan cara yang dilakukan antara dua orang atau dua pihak untuk memperoleh atau mendapatkan sesuatu dengan cara yang sehat tanpa menggunakan kekerasan, paksaan dan ancaman. Namun lebih dengan menggunakan cara-cara yang sesuai dengan peraturan atau sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jawaban: A

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.