Prediksi Soal US SMU–PKN 2012/2013 no. 11-15

No Comments

Prediksi Soal PKN no.11  Manfaat sistem demokrasi dalam perumusan kebijakan publik bagi perkembangan masyarakat adalah . . .
A. Menciptakan kesempatan kerja
B. Membentuk masyarakat madani
C. Membuka peluang berpolitik yang sama
D. Memajukan daerah dengan otonomi
E. Kesempatan yang sama setiap orang untuk berusaha
Pembahasan Soal PKN no.11 Manfaat keikutsertaan masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik antara lain adalah membentuk budaya demokratis, membentuk masyarakat hukum yaitu masyarakat yang patuh pada hukum yang berlaku, membuat masyarakat terbiasa bersikap baik dan menumbuhkan suasana kekeluargaan, saling menghormati, dan menghargai hak-hak sebagai sesama manusia dan membentuk terciptanya masyarakat madani.Jawaban: B
Prediksi Soal PKN no.12 Kedudukan Pancasila dalam kaitannya dengan pengaruh budaya asing dan perkembangan IPTEK adalah . . .
A. Sebagai penangkal
B. Sebagai pedoman
C. Sebagai filter/penyaring
D. Sebagai pandangan hidup
E. Merupakan landasan berpijak
Pembahasan Soal PKN no.12 Kedudukan Pancasila dalam kaitannya dengan pengaruh budaya asing dan IPTEK yang saat ini masuk ke dalam negara kita ini adalah sebagai filter/penyaring. Jawaban: C
Prediksi Soal PKN no.13 Berikut ini yang merupakan pengertian luas tentang konstitusi adalah . . .
A. Membentuk suatu dasar negara
B. Peraturan dasar atau awal tentang negara
C. Hukum dasar atau UUD yang tertulis
D. Hukum dasar negara/hukum tertinggi negara yang tertulis dan tidak tertulis
E. Konstitusi penyelenggaraan bernegara diatur dan didasarkan atas konstitusi
Pembahasan Soal PKN no.13 Pengertian konstitusi secara luas adalah hukum dasarnya negara, hukum tertinggi negara. Hukum dasar tertulis maupun tidak tertulis (arti luas). Sebagai UUD-nya negara (konstitusi tertulis/arti sempit)
Jawaban: D
Prediksi Soal PKN no.14 Suatu gagasan bahwa suatu konstitusi/UUD harus memiliki fungsi khusus yaitu membatasi kekuasaan pemerintah dan menjamin hak-hak warga negara adalah paham . . .
A. Konstitusionalisme
B. Otoritarianisme
C. Kapitalisme
D. Inkonstusionalisme
E. Liberalisme
Pembahasan Soal PKN no.14 Untuk mewujudkan suatu pemerintahan yang baik, penyelenggaraan bernegara perlu diatur dan dituangkan dalam suatu konstitusi. Tanpa aturan, penyelenggaraan bernegara cenderung disalahgunakan.
Konstitusionalisme adalah suatu gagasan/paham yang menyatakan bahwa suatu konstitusi/UUD harus memiliki fungsi khusus yaitu membatasi kekuasaan pemerintah dan menjamin hak-hak warga negara.
Konstitusi yang berpaham konstitusional-isme bercirikan bahwa konstitusi itu berisi pembatasan kekuasaan dan jaminan terhadap hak-hak dasar warga negara.
Jawaban: A

Prediksi Soal PKN no.15 Yang bukan merupakan salah satu isi konstitusi adalah . . .

A. Berisi hal-hal mendasar serta sangat urgen bagi negara
B. Umumnya bersifat garis-garis besar yang dituangkan lebih lanjut dalam peraturan perundangan di bawahnya
C. Terdiri atas dua bagian yaitu pembukaan dan pasal-pasal (pasal-pasal aturan tambahan)
D. Konstitusi mengandung pandangan hidup, cita-cita, dan falsafah
E. Dalam jenjang norma, konstitusi termasuk kelompok staatgrundgesetz atau aturan dasar/pokok negara.
Pembahasan Soal PKN no.15 Isi dari konstitusi:
− Berisi hal-hal mendasar serta sangat urgen bagi negara.
− Umumnya bersifat garis-garis besar yang dituangkan lebih lanjut dalam peraturan perundangan di bawahnya.
− Konstitusi juga mengandung pandangan hidup, cita-cita dan falsafah yang merupakan nilai-nilai luhur bangsa yang bersangkutan.
− Konstitusi negara pada umumnya berisi tentang identitas/organisasi negara, pola kekuasaan negara, hubungan antar lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara, aturan tentang perubahan konstitusi.
− Dalam jenjang norma, konstitusi termasuk kelompok staatgrundgesetz atau aturan dasar/pokok negara.
Dari pernyataan di atas yang bukan merupakan isi dari konstitusi, yaitu terdiri atas dua bagian yaitu pembukaan dan pasal-pasal (pasal-pasal aturan tambahan).
Jawaban: C

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.