Belajar Membaca Bahasa Russia

Sekarang kita belajar membaca kata-kata atau kalimat yang menggunakan huruf kirillitz. Berikut adalah kata-kata yang menggunakan huruf kirillitz:

есть (makan) dibaca "yest'"
пить (minum) dibaca "pit'"
синий (biru tua) dibaca "si-niy"
жаркий (panas) dibaca "zhar-kiy"
сухой (kering) dibaca "su-khoy"
пять (lima) dibaca "pyat'"
Нет (tidak) dibaca "nyet"

десять (sepuluh) dibaca "dyes-yat"
Росси́я (Russia) dibaca "Ros-sy-ya"
Чай (teh) dibaca "chay".


Mudah bukan? Sekarang kalimatnya nih. coba baca kalimat di bawah ini.

Я смотрю телевизор. dibaca "Ya smot-ryu te-le-vi-zor".
artinya "saya menonton televisi"

Дайте, пожалуйста, чай. dibaca "day-tye, pa-zhal-sta, chay".
artinya "berikan saya, tolong, teh" terjemahan bebasnya "tolong berikan saya teh".
Keterangan: "kenapa пожалуйста dibaca pazhalsta? kan seharusnya pozhaluysta?" itu karena kebiasaan orang Russia membaca "пожалуйста" dengan nada cepat sehingga terdengar "pazhalsta" dan jika kita mambaca pelan dan mengucapkannya pozhaluysta akan terdengar aneh.

Скажите, Пожалуйста , Где Туалет? dibaca "ska-zhi-tye, pa-zhal-sta, gdye tual-yet".
artinya "beri tahu saya, tolong, di mana toilet?" terjemahan bebasnya "tolong, beri tahu saya, di mana toilet?".
Keterangan: "Sekedar info, pada toilet di Russia biasanya toilet untuk laki-laki berlabel "M", sedangkan untuk perempuan berlabel "Ж".


Mudahkan? ini lebih mudah dibandingkan belajar matematika SMA tahu. Oke, mungkin sekian dulu belajarnya, pada entri berikutnya akan belajar "Frase Dasar Bahasa Russia".