KELEMAHAN SISTEM PAKAR

No Comments


KELEMAHAN SISTEM PAKAR
1. Biaya yang diperlukan untuk membuat, memelihara, dan mengembangkannya sangat mahal
2. Sulit dikembangkan, hal ini erat kaitannya dengan ketersediaan pakar di bidangnya
3. Sistem pakar tidak 100% benar karena seseorang yang terlibat dalam pembuatan sistem pakar tidak selalu benar. Oleh karena itu perlu diuji ulang secara teliti sebelum digunakan
Konsep dasar sistem pakar: mengandung keahlian, ahli/pakar, pengalihan keahlian, mengambil keputusan, aturan, kemampuan menjelaskan.
ELEMEN MANUSIA YANG TERKAIT DALAM PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR
• Pakar adalah orang yang memiliki pengetahuan khusus, pendapat, pengalaman dan metode, serta kemampuan untuk mengaplikasikan keahliannya tersebut guna menyelesaikan masalah.
• Perekayasa pengetahuan adalah orang yang membantu pakar dalam menyusun area permasalahan(Konsultsn)
• Pemakai
AREA PERMASALAHAN APLIKASI SISTEM PAKAR :
Interpretasi Yaitu pengambilan keputusan dari hasil observasi,Prediksi Diagnosis Desain Perencanaan Monitoring Debugging dan repair Instruksi Kontrol Seleksi Simulasi
Logika fuzzy adalah suatu cara untuk memetakan suatu ruang input ke dalam suatu ruang output
ALASAN MENGGUNAKAN FUZZY :
1. Konsep logika fuzzy mudah dimengerti
2. Logika fuzzy sangat fleksibel
3. Memiliki toleransi terhadap data-data yang tidak tepat
4. Dapat membangun dan mengaplikasikan pengalaman-pengalaman para pakar secara langsung tanpa harus melalui proses pelatihan
APLIKASI LOGIKA FUZZY :1. Tahun 1990 pertama kali mesin cuci
2. Transmisi otomatis pada mobil Nissan,menghemat bensin 12 – 17 %
3. Kereta bawah tanah Sendai mengontrol pemberhentian otomatis pada area tertentu
4. Ilmu kedokteran dan biologi, seperti sistem diagnosis kanker
5. Manajemen dan pengambilan keputusan, misal tata letak pabrik berdasarkan logika fuzzy, pembuatan games berdasarkan logika
6. Ilmu lingkungan, misal kendali kualitas air, prediksi cuaca
7. Teknik,misal perancangan jaringan komputer, prediksi adanya gempa bumi, dll
JARINGAN SYARAF BIOLOGIS (JSB)
Komponen utama neuron dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian :
1. Dendrit = bertugas menerima informasi = jalur input bagi soma
2. Badan sel (soma) = tempat pengolahan informasi
3. Akson = bertugas mengirimkan impuls-impuls sinyal ke sel syaraf lain = jalur output bagi soma
JARINGAN SYARAF TIRUAN (JST)
didefinisikan sebagai suatu sistem pemrosesan informasi yang mempunyai karakteristik menyerupai jaringan syaraf manusia (JSB)
Jaringan syaraf tiruan dapat belajar dari pengalaman, melakukan generalisasi atas contoh-contoh yang diperolehnya dan mengabstraksi karakteristik esensial input bahkan untuk data yang tidak relevan.
APLIKASI JARINGAN SYARAF TIRUAN
• Aerospace autopilot pesawat terbang, simulasi jalur penerbangan, sistem kendali pesawat
• Otomotif : sistem kendali otomatis mobil
• Keuangan dan perbankan pendeteksian uang palsu, evaluator aplikasi kredit
• Militer Pengendali senjata, pendeteksi bom, penelusuran target, pembedaan objek, sonar, radar,
• Elektronik machine vision, pengontrol gerakan dan penglihatan robot, sintesis suara
• Broadcast : pencarian klip berita melalui pengenalan wajah
• Keamanan : JST digunakan untuk mengenali mobil dan mengenali wajah oknum
• Medis : analisis sel kanker
• Pengenalan suara : pengenalan percakapan, klasifikasi suara
• Pengenalan tulisan : pengenalan tulisan tangan, penerjemahan tulisan ke dalam tulisan latin
• Matematika : alat pemodelan asalah dimana bentuk eksplisit dari hubungan antara variabe
• Pengenalan benda bergerak selain pola dari citra diam,
• JST digunakan sebagai detektor virus komputer, penginderaan bau, dll
Dari Bahan Kampus Laen.....( Konco Dewe )

LINGKUP KECERDASAN BUATAN PADA APLIKASI KOMERSIAL
• Pertanian, komputer dapat mengkontrol robot yang melakukan kontrol terhadap hama,pemangkasan pohon, pemilihan hasil panen.
• Pabrik, komputer dapat menkontrol robot yang harus mengerjakan pekerjaan berbahaya dan membosankan, inspeksi dan melakukan maintenance pekerjaan.
• Kesehatan, komputer dapat membantu untuk mendiagnosis penyakit, melakukan monitoring kondisi pasien, memberikan treatment yang cocok.
• Pekerjaan Rumah Tangga, komputer dapat memberikan nasihat dalam memasak dan berbelanja, membantu membersihkan lantai, memotong rumput, mencuci pakaian, dan melakukan maintenance terhadap pekerjaan.

Bidang Aplikasi Kecerdasan Buatan
Sistem Pakar (Expert Systemi), yaitu program konsultasi (advisory) yang mencoba menirukan proses penalaran seorang pakar/ahli dalam memecahkan masalah yang rumit.
Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing), yang memberi kemampuan pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa mereka sendiri (bahasa manusia). Sehingga komunikasi dapat dilakukan dengan cara percakapan alih-alih menggunakan perintah yang biasa digunakan dalam bahasa komputer biasa
Pemahaman Ucapan/Suara (Speech/Voice Understanding), adalah teknik agar komputer dapat mengenali dan memahami bahasa ucapan.
Sistem Sensor dan Robotika. Sistem sensor, seperti sistem visi dan pencitraan, serta sistem pengolahan sinyal, merupakan bagian dari robotika.
Komputer Visi(Computer Vision),mencoba untuk dapat menginterpretasikan gambar atau obyek-obyek tampak melalui komputer merupakan kombinasi dari pencitraan, pengolahan citra, pengenalan pola serta proses pengambilan keputusan.
Intelligent Tutoring/Intelligent Computer-Aided Instruction, adalah komputer yang
Mesin Belajar (Machine Learning), yang berhubungan dengan sekumpulan metode untuk mencoba mengajari/melatih komputer untuk memecahkan masalah
Soft computing merupakan inovasi baru dalam membangun sistem cerdas yaitu sistem yang memiliki keahlian seperti manusia pada domain tertentu, mampu beradaptasi dan belajar agar dapat bekerja lebih baik jika terjadi perubahan lingkungan.
Metodologi-metodologi yang digunakan dalam Soft computing adalah :
1. Sistem Fuzzy (mengakomodasi ketidaktepatan) �� Logika Fuzzy (fuzzy logic)
2. Jaringan Syaraf (menggunakan pembelajaran) �� Jaringan Syaraf Tiruan (neurall network)
3. Probabilistic Reasoning (mengakomodasi ketidakpastian)
4. Evolutionary Computing (optimasi) �� Algoritma Genetika

Gak Penting Buangeet : ( By : Dita )
Beberapa program AI yang mulai dibuat pada tahun 1956-1966, antara lain:
1. Logic Theorist, diperkenalkan pada Dartmouth Conference, program ini dapat membuktikan teorema-teorema matematika.
2. Sad Sam, diprogram oleh Robert K. Lindsay (1960). Program ini dapat mengetahui kalimat-kalimat sederhana yang ditulis dalam bahasa Inggris dan mampu memberikan jawaban dari fakta-fakta yang didengar dalam sebuah percakapan.
3. ELIZA, diprogram oleh Joseph Weinzenbaum (1967). Program ini mampu melakukan terapi terhadap pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.