Huruf Kirillitz (Cyrillic)

Tahukah anda tentang huruf Kirillitz? (dalam bahasa Inggrisnya ditulis Cyrillic). Huruf Kirillitz adalah huruf resmi yang dipakai oleh sebagian besar negara Eropa Timur dan Sebagian Asia yang termasuk negara bekas Uni Sovyet dan juga negara sekitarnya, seperti Russia, Bulgariya, Ukraina, Mongolia, Kazakhstan, dan lain-lain. Huruf ini diciptakan oleh dua orang ternama dari daerah Slavia yang bernama Kiril dan Methodius. Sumber diciptakannya huruf ini yaitu berdasarkan Huruf Yunani Kuno, sehingga hampir mirip beberapa bentuknya dengan huruf latin yang kita kenal, bahkan dibandingkan dengan huruf latin, huruf Kirillitz lebih mrip dengan sumber huruf asalnya (Huruf Yunani).


Sebagian huruf ini ada yang sama bentuknya dengan huruf latin dan sama pengucapannya, ada pula yang sama bentuknya dengan huruf latin tapi tidak sama pengucapannya. Ada pula huruf yang berbeda bentuknya dengan huruf latin tetapi pengucapannya sudah familiar. Selain itu ada pula huruf tambahan yang memang beda bentuk dan cara pengucapannya dengan huruf latin. Ditambah pula dengan huruf yang sebenarnya adalah tanda yang mempermudah pembacaan beserta logatnya.

Huruf Kirillitz :

Catatan: Huruf Kirillitz di bawah ini sebenarnya huruf kirillitz yang ada di Russia, di negara sekitarnya mungkin lebih sedikit atau biasanya lebih banyak karakter huruf yang digunakannya.

Huruf yang sama bentuk dan pengucapannya dengan huruf latin.

А а = A a К к = K k М м = M m O o = O o Т т = T t


Huruf yang sama bentuknya dengan huruf latin tapi berbeda cara pengucapannya.

В в = V v Е е = yE Н н = N n Р р = R r С с = S s

У у = U u Х х = H h / Kh kh

Huruf yang berbeda bentuknya dengan huruf latin tapi pengucapannya familiar.

Б б = B b Г г = G g Д д = D d З з = Z z И и = I i

Л л = L l П п = P p Ф ф = F f Э э = E e


Huruf yang berbeda bentuk dan pengucapannya dengan huruf latin.
Ю ю = Yu yu Я я = Ya ya Ё ё = Yo yo Ж ж = Zh zh Ц ц = Ts ts
Ч ч = Ch ch Ш ш = Sh sh Щ щ = Shcha shcha Ы ы = (pronouns) I i

Й й = i / y

Simbol Pronouns

Ъ ъ = (sering disebut hard sign [biasanya dipakai untuk jeda])

Ь ь = (sering disebut soft sign [untuk "melembutkan" kata yang sebelumnya])
Jika ada yang kurang dimengerti, silahkan cari informasi lengkapnya di russianlesson.com atau di wikipedia juga ada atau ngegooglinglah sorangan, da banyak informasi tentang huruf ini.

СПАСИБО БАЛСО, ДО СВИДАНИЯ!