Istilah Kunci Dalam Manajemen Strategis

No Comments

Istilah kunci dalam manajemen strategis
o Perumusan strategi adalah pengembangan rencana jangka panjang untuk manajemen efektif dari kesempatan dan ancaman lingkungan, dilihat dari kekuatan dan kelemahan perusahaan.
o Penyataan misi adalah Pernyataan jangka panjang mengenai tujuan yang membedakan sebuah bisnis dari perusahaan lain yang serupa.
o Peluang dan ancaman eksternal Peluang dan ancaman eksternal merujuk pada ekadaan ekonomi, sosial, buaya, demografi, lingkungan, politik, hukum, pemerintah, teknologi dan kecenderungan persaingan serta peristiwa yang dapat menguntungkan atau merugikan suatu organisasi secara signifikan di masa depan. Peluang dan ancaman sebagian besar di luar kendali organisasi, jadi disebut eksternal.
o Kekuatan dan kelemahan adalah Aktivitas dalam kendali organisasi yang prestasinya luar biasa baik atau buruk. Kekuatan dan kelemahan tersebut muncul dalam aktivitas manajemen, pemasaran,keuangan/akunting,produksi/operasi, penelitian dan pengembangan dan sistem informasi komputer suatu bisnis.
o Tujuan adalah Tujuan merumuskan apa yang akan diselesaikan dan kapan akan diselesakan dan sebaiknya diukur jika memungkinkan.
o Sasaran adalah Pernyataan terbuka yang berisi satu harapan yang akan diselesaikan tanpa perhitungan apa yang akan dicapai dan tidak ada penjelasan waktu penyelesaian.
o Strategi adalah
- Merupakan cara untuk mencapai sasaran jangka panjang.
- Rumusan peerncanaan komprehensif tentang bagaimana perusahaan akan mencapai misi dan tujuannya.
o Sasaran tahunan adalah Patokan jangka pendek yang harus dicapai oleh organisasi dalam rangka mencapai sasaran yang panjang.
o Kebijakan adalah
- Merupakan cara untuk mencapai sasaran tahunan. Kebijakan termasuk pedoman, peraturan,dan prosedur yang ditetapkan untuk emndukung usaha mencapai sasaran yang sudah dinyatakan.
- Kebijakan menyediakan pedoman luas untuk pengambilan keputusan organisasi secara keseluruhan
- Kebijakan juga merupakan pedoman luas yang menghubungkan perumusan startegi dan implementasi.
o Implementasi strategi adalah Proses di mana manajemen mewujudkan strategi dan kebijakannya dalam tindakan melalui pengembangan program, anggaran dan prosedur.
o Program adalah Pernyataan aktivitas-aktivitas atau langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan perencanaan sekali pakai.
o Anggaran adalah Program yang dinyatakan dalam bentuk satuan uang, setiap program akan dinyatakan secara rinci dalam biaya, yang dapat digunakan oleh manajemen untuk merencanakan dan mengendalikan.
o Prosedur adalah Sistem langkah-langkah atau teknik-teknik yang berurutan yang menggambarkan secara rinci bagaimana suatu tugas atau pekerjaan diselesaikan.
o Evaluasi dan pengendalian adalah Proses yang melaluinya aktivitas-aktivitas perusahaan dan hasil kinerja dimonitor dan kinerja sesungguhnya dibandingkan dengan kinerja yang diinginkan.
MENILAI FAKTOR EKSTERNAL
Lingkungan eksternal terdiri dari variabel-variabel (kesempatan dan ancaman) yang berada di luar organisasi dan tidak secara khusus ada dalam pengendalian jangka pendek dari manajemen puncak.
Pengamatan/audit lingkungan (Hunger,2003:113) adalah pemantauan, pengevaluasian, dan penyebaran informasi dari lingkungan eksternal kepada orang-orang kunci dalam perusahaan. Pengamatan lingkungan adalah alat manajemen untuk menghindari kejutan strategis dan memastikan kesehatan manajemen dalam jangka panjang.

Tujuan dari audit eksternal adalah
- Untuk mengembangkan daftar terbatas peluang yang dapat dimanfaatkan perusahaan dan ancaman yang harus dihindari.
- Mengenali variabel kunci yang menawarkan respon yang dapat dilakukan
Kekuatan eksternal dapat dibagi menjadi lima katagori besar :
1. kekuatan ekonomi yang mengatur pertukaran material, uang, energi dan informasi
2. kekuatan sosial, budaya, demografi dan lingkungan yang mengatur nilai-nilai, adat istiadat dan kebiasaan lingkungan
3. kekuatan teknologi yang menghasilkan penemuan pemecahan masalah
4. kekuatan pesaing, perusahaan memberikan perhatian pada persaingan yang ada dalam industrinya dan harus menilai pentingnya enam kekuatan kunci untuk sukses yaitu ancaman pendatang baru, persaingan di antara perusahaan yang telah ada, ancaman produk pengganti, bargaining power (kekuatan penawaran) pemasok, kekuatan penawaran pembeli, dan kekuatan relatif dari stakeholder yang lain.
Faktor strategis eksternal perusahaan (Hunger,2003:117) adalah isu-isu lingkungan strategis yang dianggap memiliki probabilitas tinggi untuk terjadi dan probabilitas tinggi untuk mempengaruhi perusahaan.

9 ciri dasar pemimpin yg efektif dan dicintai dan dihormati .
1. BERSIKAP ADIL
2 MAMPU MENDELEGASIKAN TUGAS
3 MEMPERCAYAI BAWAHANnYA
4. MAU MENDENGARKAN
5 BERANI MENGAMBIL KEPUTUSAN DAN TANGGUNG JAWAB.
6 TIDAK MENERIMA PUJIAN HANYA UNTUK DIRINYA SENDIRI.
7 MAMPU MENGENALI DAN MENGEMBANGKAN POTENSI BAWAHAN.
8 MAU MEMPERJUANGKAN KEPENTINGAN BAWAHAN.
9 MEMBERI TUGAS SESUAI DENGAN KAPASITAS BAWAHAN.

Dengan mendasarkan pada kerangka proses perumusan strategi maka dengan kerangka yang sama dapat dibuat evaluasi apakah suatu strategi yang telah disusun akan dan masih cocok untuk mencapai tujuan yang akan datang, didasarkan evaluasi perubahan faktor eksternal dan internal perusahaan. Apabila strategi yang sudah ada masih relevan maka dapat dilanjutkan tetapi apabila sudah tidak relevan lagi maka ini saatnya untuk mengembangkan strategi baru.

Proses Evaluasi dan Pengendalian Strategi

1.Menentukan apa yang akan diukur:
Manajer puncak dan manajer operasional perlu menetapkan proses implementasi dan hasil-hasil yang akan dipantau dan dievaluasi. Proses dan hasil harus dapat diukur dalam cara yang obyektif dan konsisten.
2.Menetapkan standar kinerja:
Standar yang digunakan unttilc mengukur kinerja merupakan ekspresi mendetail dari sasaran strategis. Standar adalah ukuran atas hasil kinerja yahg dapat diterima.
3.Mengukur kinerja aktual: Pengukuran harus dilakukan pada saat awal penentuan standar.
4. Membandingkan kinerja aktual dengan standar yang telah ditetapkan: Jika hasil aktual berada dalam rentang toleransi, proses pengukuran berhenti di sini.
5. Mengambil tindakan perbaikan:

Analisis SWOT
Mengidentifikasi dan menganalisis terhada kekuatan serta kelemahan organisasi dan peluang serta ancaman lingkungan sebagai bagian dari formulasi strategi6
Analisis lingkungan/ environmental analysisProses penilain lingkungan bisnis terhadappggppeluang serta ancaman.
Analisis Organisasional/ Organizational AnalysisOrganizational AnalysisProses menganalisis terhadap kekuatan gpserta kelemahan organisasi.
Rencana Strategis :Rencana yang mencerminkan keputusan mengenaialokasi sumber daya prioritas perusahaan danalokasi sumber daya, prioritas perusahaan, dantahap-tahap yang dibutuhkan untuk memenuhi sasaran strategis.
Rencana Taktis: Rencana TaktisRencana jangka pendek yang berhubunganRencana jangka pendek yang berhubungandengan penerapan aspek-aspek spesifik darirencana strategis suatu perusahaanrencana strategis suatu perusahaan.
Rencana Operasional :Rencana yang menetapkan target jangka Rencana yang menetapkan target jangka pendek untuk kinerja harian, mingguan, atau bulanan.
Perencanaan Kontingensi :Mengidentifikasi aspek-aspek suatu bisnis Mengidentifikasi aspek aspek suatu bisnis atau lingkungannya yang mungkin mengalami perubahan strategi.
Manajemen Krisis: Suatu metoda organisasi dalam Suatu metoda organisasi dalam menghadapi keadaan darurat
Budaya Korporasi/ Corporate Culturep : Pengalaman, kisah, keyakinan, dan norma-norma yang mencirikan suatu organisasi.
BudayaKeefektifan : BudayaOrganisasiKepemimpinanKeefektifanOrganisasiBudaya Organisasi sebagai pemediasi hubunganBudaya Organisasi sebagai pemediasi hubungankepemimpinan dengan keefektifan organisasi.

Visi Misi Dalam Manajemen Strategis Perusahaan

Misi sebuah organisasi adalah tujuan atau alasan mengapa organisasi itu bisa berjalan. Bagaimana visi dan mis dirumuskan? Pertama diawali oleh pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi dan pengendalian. Perumusan strategi adalah pengembangan rencana jangka panjang untuk manajemen efektif dari kesempatan dan ancaman lungkungan, dilihat dari kekuatan dan kelemahan perushaan. Perumusan strategi meliputi menentukan misi perusahaan, menentukan tujuan-tujuan yang dapat dicapai, pengembangan strategi dan penetapan pedoman kebijakan.
Visi dan misi yang baik bisaanya mendefinikian tujuan mendasar dan unik yang membedakan suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Dan mengidentifikasi jangkauan operasi perusahaan daam produk yang ditawarkan dan pasar yang dilayani. Misi mengembangkan harapan pada karyawan dan mengkomunikasikan pandangan umum untuk kelompok pemegang saham utama dalam lingkungan kerja perusahaan. Misi memberitahukan siapa kita dan apa yang kita lakukan.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.