Parallel Processing dalam Komputasi Modern

No Comments
Tulisan kali ini akan membahas mengenai kinerja komputasi dengan menggunakan parallel processing. Pengertian parallel processing tiu sendiri adalah penggunaan pada lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Dengan menggunakan beberapa cpu yang dijalankan secara bersamaan (paralalel) yang ditujukan untuk mempercepat pemrosesan yang akan berdampak pada penghematan waktu juga. Analoginya mirip dengan kita memasang lampu pada rangkaian secara parallel. Jika pada rangkaian listrik tersebut terdapat 4 buah lampu, maka kita harus mempunyai 4 saklar yang berbeda untuk menyalakan ke empat-empatnya apabila kita memasangnya secara seri. Tapi berbeda dengan parallel, kita dapat menyalakan ke empatnya dengan hanya satu buah saklar, dengan begitu kita dapat menghemat biaya dalam pembelian saklar.
Dengan memasang cpu atau processor secara parallel, akan membuat kinerja suatu program dalam menyelesaikan masalahnya menjadi lebih cepat. Contoh parallel processing ini adalah dalam mengetahui naik turunnya suhu udara, atau mengetahui perubahan cuaca di daerah yang mengalami 4 musim. Berbeda dengan di Indonesia yang hanya mengalami 2 musim, negara-negara yang mengalami 4 musim harus secara lebih cepat melaporkan pergerakan cuacanya secara simultan. Karena, perubahan cuaca di negara tersebut terjadi sangat cepat. Untuk itulah digunakan parallel processing ini, karena untuk memprediksi hal itu semua harus menggabungkan dari data-data yang sangat banyak (perubahan tinggi rendahnya air laut, angin darat dan angin laut, naik turunnya udara,dsb). Jika hanya menggunakan 1 buah cpu maka akan menghabiskan waktu yang sangat lama untuk mengetahui perubahan cuaca yang terjadi 1 jam mendatang bisa menghabiskan berabad-abad.
Parallel processing sangat berbeda dengan multitasking, karena multitasking adalah satu CPU mengangani atau mengeksekusi beberapa program sekaligus. Sedangkan parallel processing benar menggabungkan beberapa CPU (secara fisik, tidak secara virtual) yang digunakan untuk menjalankan aplikasi agar mendapatkan penyelesaian yang lebih cepat.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.