Mencetak Slide Sebagai Handout Powerpoint 2007- Print
out dokumen slide presentasi sebagai makalah sangat diperlukan oleh
orang lain sebagai bentuk catatan. Anda dapat membuatnya dari dokumen
presentasi Anda dengan mencetak dokumen dalam bentuk handout atau outline view. Handout merupakan sajian atau tampilan dalam satu atau beberapa halaman dari beberapa slide. Saat membuat handout yang berupa dokumen tertulis, singkirkan PowerPoint jauh-jauh. Gunakanlah pengolah kata seperti Microsoft Word atau Open Office Impress, ketika menyusun presentasi. Siapkanlah handout fungsi ketiga terlebih dahulu sebagai dokumen tertulis. Kemudian, susunlah slide presentasi Anda. Handout tersebut
akan mencakup semua pesan yang ingin Anda sampaikan secara terstruktur
dan ini memerlukan bahan yang lengkap; sedangkan presentasi hanya
memilih pesan mana yang bisa Anda sampaikan dalam waktu singkat, dan
dengan cara apa. Dengan memiliki bahan yang lengkap (handout),
Anda akan menyajikan presentasi secara lebih efektif. Sebagai kiat yang
berguna adalah dalam satu presentasi Anda bisa menggunakan dua atau tiga
fungsi handout sekaligus. Sebuah buku kerja, misalnya, meliputi ketiga fungsi tersebut.
Bagikanlah handout fungsi ketiga di akhir presentasi (atau saat sesi tanyajawab) untuk menghindari peserta membaca handout saat
Anda berbicara. Namun, jangan lupa memberitahukan hal ini terlebih
dahulu kepada hadirin agar mereka tidak perlu mencatat. Untuk melatih
diri Anda melupakan pola pikir lama, coba buatlah presentasi singkat
yang semua slidenya hanya berisi foto, diagram, tabel, atau gambar.
Masing-masing harus mewakili inti pesan Anda. Namun, Anda hanya boleh
menjelaskannya saat presentasi, tidak boleh ada teks sama sekali di
slide foto dan gambar. Sedikit teks boleh ada di slide diagram, tabel,
judul, dan penutup presentasi. Ini satu-satunya bentuk slide yang boleh dicetak sebagai handout fungsi kedua.
Cara mencetak slide dalam presentasi adalah sebagai berikut.
1. Klik office button, kemudian pilih Print (Ctrl + P).
2. Selanjutnya muncul kotak dialog Print seperti berikut.
Gambar 3.71. Mencetak slide presentasi melalui kotak dialog Print
Lakukan pengaturan pencetakan sebagai berikut.
a. Name : memilih jenis printer yang digunakan.
b. Print range : memilih dan menentukan slide yang dicetak.
c. All : semua slide dicetak.
d. Current slide : mencetak slide yang aktif dalam layar.
e. Selection : mencetak slide yang telah dipilih/disorot.
f. Slide : mencetak slide pilihan sesuai angka yang diketik, misalnya 1, 2 – 4, 7 artinya mencetak slide pada nomor 1, 2, 3, 4, dan 7.
g. Print what : menentukan pilihan yang akan dicetak, seperti handout, slide, notes pages, atau outline view.
h. Number of copy : mengatur jumlah cetakan tiap slide.
i. Grayscale : mengatur efek warna abu-abu pada pencetakan.
j. Pures black and white : mengatur hasil pencetakan warna hitam-putih.
k. Scale to fit paper : pencetakan disesuaikan ukuran kertas.
l. Frame slide : pencetakan disertai bingkai slide.
m. Slides per page : mengatur jumlah slide per halaman saat dicetak.
n. Oder : posisi pencetakan (vertical = tegak dan horizontal = mendatar).
3. Klik OK.
Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.